Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Menambal kolam ikan yang bocor/rembes

Sebelumnya, saya juga tidak yakin dengan cara yang saya lakukan untuk menambal kolam rembes/bocor ini, tetapi ternyata it works!

Sempat pusing karena air di kolam ikan berkurang terus, akhirnya saya cari cara untuk menambal sendiri, dan akhirnya menemukan cara yang menurut saya efektif, karena kolam saya tidak lagi bocor.

Yaitu dengan membuat acian semen yang dicampur dengan Damdex. Sebenarnya semen acian yang direkomendasikan adalah merek Hydrostop, tetapi karena saya tidak menemukan Hydrostop di toko besi sekitaran rumah, maka saya menggunakan semen biasa.

  1. Kuras air kolam

    Sebelum menguras kolam, pastikan/siapkan dulu kolam/penampungan sementara yang memadai untuk menampung ikan-ikan dari kolam yang mau ditambal.
  2. Bersihkan dan keringkan kolam

    Setelah air dikuras habis, sikat semua lumut-lumut yang menempel di dinding/permukaan kolam, usahakan dinding kolam bersih dari semua kotoran yang menempel.
  3. Identifikasi kebocoran

    Setelah kolam kering, basahi kolam dengan menggunakan kuas, biasanya sumber retakan akan kering paling akhir dan terlihat berbentuk retakan atau garis menyerupai rambut.
  4. Buat acian semen dan Damdex

    Setelah menemukan sumber kebocoran, buat acian semen secukupnya (sesuai dengan luas kolam), jangan lupa baca juga cara penggunaan Damdex, sesuaikan komposisi dengan luas kolam.
  5. Kuas dan biarkan mengering

    Setelah acian jadi, oleskan acian menggunakan kuas ke dinding/permukaan kolam yang teridentifikasi bocor atau jika sumber bocor tidak ditemukan kuas semua permukaan/dinding kolam, tunggu hingga mengering, kemudian kuas lagi, biarkan kering, kemudian kuas lagi (saya lakukan sampai 3 kali).
  6. Isi dengan air

    Setelah kering, isi kolam dengan air sampai penuh, dan hasilnya ......

Cara ini berdasarkan pengalaman pribadi dan berhasil, saya tidak bisa menjamin cara ini akan berhasil dan saya juga tidak dibayar oleh produk-produk yang mereknya saya sebutkan di atas, selamat mencoba.

Seorang blogger yang jarang menulis.